Sabtu, 16 Juli 2011

Dana DAK Sanitasi Dan Hibah IEG TA 2011 Segera Cair

 
Makassar- Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Ir. H. Ridwan Muhadir, M.Si telah memimpin rapat pertemuan dengan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) dari kelurahan Buloa, Borong, Pacerakkang dan Wala Walaya. Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri oleh masing-masing lurah dan camat dari lokasi dimaksud, serta fasilitator dan pengawas lapangan kegiatan SLBM di Kota Makassar. Rapat Pertemuan tersebut dimaksudkan dalam rangka penyerahan Rencana Kerja Masyarakat (RKM) dari Pemerintah Kota Makassar kepada KSM penerima alokasi dana SLBM yang bersumber dari DAK sektor sanitasi TA 2011, serta dana hibah dari AUSAID untuk Infrastructure Enharchment Grand (IEG) dalam rangka percepatan pembangunan sanitasi lingkungan permukiman.
Kegiatan SLBM dimaksudkan untuk membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Rumah Tangga Komunal dengan sistem perpipaan (offsite system), guna menanggulangi pencemaran badan-badan air dan tanah dari limbah rumah tangga, baik WC, kamar mandi, dan dapur. Biaya yang akan dicairkan untuk kegiatan SLBM di masing-masing lokasi kurang lebih sebesar Rp. 550.000.000,- s/d Rp. 700.000.000,- dengan cakupan pelayanan sekitar 100 KK per kelurahan. Seluruh biaya tersebut dikelola oleh KSM bersama dengan masyarakat dan dimonitor oleh Pemerintah Kota Makassar, Pemerintah Pusat dan negara donor.
Kadis P.U. dalam sambutannya juga mengatakan bahwa pengelolaan program SLBM ini adalah amanat pemerintah kepada masyarakat untuk dijalankan sesuai dengan peraturan dan kesepakatan bersama sebagaimana tertuang dalam petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan kegiatan SLBM yang menganut azas dapat diterima oleh masyarakat, transparan, akuntabel dan berkelanjutan. Karena kegiatan ini berbasis masyarakat, maka biasa disebut dengan program pemberdayaan masyarakat, artinya masyarakat yang merencanakan, yang melaksanakan, melakukan pengawasan terhadap keseluruhan siklus pembangunan sarana dan prasarana sanitasi.Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Dinas PU, hanyalah sebagai fasilitator dan mediator program, sehingga sangat diharapkan kegiatan ini berjalan dengan baik, tepat sasaran dan berkualitas dari segi hasil dan dapat dipertanggungjawabkan . Ditegaskan pula bahwa saat ini pemerintah sudah mengubah paradigmanya dalam membangun sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat bukan lagi pola top-down tetapi botton up, dimana peran masyarakat lebih dominan karena menjadi obyek sekaligus subyek pelaksanaan program sehingga keberhasilan dan kekurangan dari program pemerintah tersebut bukan lagi tanggung jawab pemerintah secara sepihak tetapi menjadi tanggung jawab masyarakat secara keseluruhan” . Program SLBM adalah kegiatan pembangunan sarana dan prasarana IPAL komunal yaitu suatu pembangunan instalasi pengolahan air limbah rumah tangga dari kegiatan dapur, mencuci dan mandi serta buangan tinja melalui instalasi pipa yang tertanam dan berakhir pada instalasi pengolahan yang bertingkat menggunakan teknologi biofilter. Dengan proses pengolahan yang sistematis akan menghasilkan air buangan (enfluen) yang layak lingkungan atau tidak lagi mengandung bakteri colli menjadi sumber penyakit Typus, Collera dan Disentry. Disamping itu denngan adanya pengelolaan air limbah rumah tangga terpusat secara komunal ini, akan menimbulkan dampak positif lainnya seperti berkurangnya genangan air limbah di saluran drainase permukiman, sehingga saluran tersebut hanya berfungsi sebagai saluran air hujan saja. Sedangkan badan-badan perairan dan air tanah tidak lagi tercemar oleh limbah rumah tangga. Adapun harapan lainnya dari pelaksanaan program SLBM ini STOP BUANG AIR BESAR DI SEMBARANG TEMPAT DEMI TERCIPTANYA LINGKUNGAN YANG BERSIH DAN SEHAT , sebagimana komitmen pemerintah kita dalam mencapai tujuan pembangunan Millenium Development Goals (MDG’s) seperti yang telah dideklarasikan oleh negara-negara berkembang lainnya .



Kadis P.U. Kota Makassar menyerahkan RKM kepada masing-masing KSM SLBM-IEG 2011, '' Kami siap melaksanakan Program dengan Pak...."

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Chelly Partang